Ex Philosophia Claritas
Dari Filsafat Muncul Kejernihan

Akademik

EXTENSION COURSE

EXTENSION COURSE

Silahkan melihat program studi akademik Program Pasca Sarjana di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara:

EXTENSION COURSE TEOLOGI

SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2021/22 DENGAN TEMA: "MENABUR HARAPAN, MENUAI SUKACITA" Semua peristiwa manusia terjadi di bumi. Kita menyebut kosmos ini ‘bumi kita’. Namun bumi tak memuaskan semua dambaan kita, sebab ia tak menyediakan jawaban definitif terhadap pertanyaan dan harapan manusia. Lagi pula pertanyaan manusia bukan hanya tentang hal tertentu saja, tetapi mencakup realitas menyeluruh dan definitif. ‘Harapanku menyentuh ketakberhinggaan’ (Thérèsia Liseux). Dalam Kekristenan, harapan adalah sebuah keutamaan teologis. Kekristenan memaknai manusia sebagai makhluk yang berharap: Hope seeking undersanding (Anthony Kelly). Seorang Kristiani tak melekat pada dunia. Hatinya mendambakan kegembiraan dan sukacita yang jauh ‘melampaui matahari’ (Paus Fransiskus), sebab di dunia ini ia hanya ‘musafir dan perantau’ (Fransiskus Assisi). Harapan dan sukacita sejati terpenuhi ketika “Allah menjadi semua di dalam semua” (1 Kor. 15:28). Tema inilah yang dibahas dalam Extension Course (EC) Teologi kali ini. Tema tersebut akan dikupas dari perspektif biblis, teologis, moral, dan pastoral. Namun tidak hanya sampai di situ. EC kali ini juga menawarkan share pengalaman konkret dari beberapa narasumber yang mengalami upaya merajut jejaring pengharapan melalui bidang karya maupun aksi nyata solidaritas di tengah situasi sulit. Mari belajar dan berefleksi bersama agar kita tetap menjadi orang yang berpengharapan teguh.

EXTENSION COURSE FILSAFAT

SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2021/22 DENGAN TEMA: "APAKAH FILSAFAT DAN SAINS MERUNTUHKAN AGAMA?" Pengantar: Akhir-akhir ini di Indonesia muncul ketertarikan tentang debat-debat Agama, Filsafat dan Sains, terutama di generasi milenial. Perhatian terhadap sains telah membuat generasi milenial mulai mengkritik tradisi-tradisi yang berkembang dalam agama dan filsafat. Extension Course (EC) ini bertujuan memberi kejelasan tentang kedudukan dan peran masing-masing, Agama, Filsafat dan Sains dalam peradaban manusia.

PENDAFTARAN JURUSAN

Hampir 95% Mahasiswa Internasional Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara merekomendasikan kepada siswa lain untuk belajar Filsafat di tempat kami.