Ex Philosophia Claritas
Dari Filsafat Muncul Kejernihan

Akademik

EXTENSION COURSE

EXTENSION COURSE

Silahkan melihat program studi akademik Program Pasca Sarjana di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara:

EXTENSION COURSE TEOLOGI

SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2019/20 DENGAN TEMA: "PNEUMATOLOGI: KETIKA ROH TUHAN MEMBARUI DUNIA…" Berbicara tentang Roh Kudus bukanlah sesuatu yang mudah karena hal itu sepenuhnya misteri bagi manusia yang bangga menjadi mahluk rasional. Namun, sejak akhir tahun 60-an kita dibanjiri dengan buku dan tulisan tentang Roh Kudus. Dimensi pneumatologis mendapatkan prioritas utama dalam refleksi teologis karena mengaitkan kristologi dan eklesialogi, menghubungkan iman yang diwartakan dengan iman yang dihayati. Itu sebabnya pneumatologi bukanlah merupakan “apendiks” saja dalam diskusi tentang Tuhan, melainkan justru menjadi wacananya yang paling dinamis, yang membuat teologi itu makin membumi dan menemukan praksisnya dalam kehidupan kristiani yang nyata. Waktu: setiap Kamis, pukul 18.00-20.00 WIB. Koordinator: Vitus Rubianto Solichin.

EXTENSION COURSE FILSAFAT

SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2019/20 DENGAN TEMA: "FILSAFAT KETUHANAN -- MENALAR TUHAN" “Tuhan memberikan teka-teki kepada orang bijak, sedangkan kepada orang bodoh ajaran singkat dan dangkal,” demikian kata pujangga Yunani kuno, Sophokles (496?-406 s.M). Namun sungguhkah Tuhan membeda-bedakan kemampuan intelektual manusia untuk menyatakan diri dan kehendakNya? Lalu ada dua “jenis” Tuhan: “Tuhan orang pintar” dan “Tuhan orang Bodoh”? Atau kebalikannya benar: Kita manusialah yang terlalu malas dan takut memakai kekuatan akal budi kita untuk menalar Tuhan dan kehendakNya? Apakah iman bertentangan dengan tuntutan rasio? Atau malahan sesuai dengannya? Kursus filsafat kali ini mau memperlihatkan bahwa orang bisa percaya kepada Tuhan, sekaligus menjadi pribadi intelektual! Waktu : Setiap Senin, pk.18:00-20:00 wib Kordinator : Dr. Simon P. Lili Tjahjadi

PENDAFTARAN JURUSAN

Hampir 95% Mahasiswa Internasional Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara merekomendasikan kepada siswa lain untuk belajar Filsafat di tempat kami.