(021) 424 7129 | Cempaka Putih Indah 100A, Jembatan Serong, Rawasari Jakarta 10520

Mar 03, 2017 482times
Featured

Lomba Penulisan Ilmiah

Tema Lomba Karangan Ilmiah, Tema : Erupsi Populisme

Memasuki tahun 2017, dunia seolah menyongsong ketidakpastian akan perdamaian. Bagaimana tidak? Peperangan panjang di Suriah belum juga padam. Percikan apinya yang berupa aksi-aksi teror yang dilakukan oleh Islamic State of Iran and Syria (ISIS) justru terus melukai negara-negara Eropa. Reaksi politis kelompok-kelompok konservatif  di Eropa atasnya tidak kalah mencemaskan. Mereka menggalang dan memikat masa untuk melakukan perlawanan dengan menggunakan sentimen-sentimen keagamaan, wacana anti-migrant, dan islamophobia. Sementara itu di Amerika Serikat, kemenangan Donald Trump atas Hilary Clinton tak lain adalah sebuah pertunjukkan irrasionalitas. Trump yang  yang jelas-jelas rasis, sexis, anti-islam dan anti- migrant menang sebagai presiden di negara pengawal demokrasi. 

Persoalan serupa tampil di Indonesia saat kampanye pemilihan ketua daerah. Isu-isu keetnisan dan yang sebelumnya dipahami sebagai tabu dan tidak etis, justru dijadikan bahan menjaring suara. Persatuan Indonesia dianggap tidak relevan untuk sementara. Sentimen dan identitas-identitas sektarian sengaja dipompa. Tafkirisme mendadak populer. Hal ini tampak irasional, tetapi diikuti banyak orang. Mungkinkah buah yang baik muncul dari sikap-sikap sosial yang jelas memecah-belah seperti ini?

Masyarakat cemas akan munculnya fenomena destruktif ini: populisme. Sentimen-sentimen yang menyusun bangunan gagasan populisme jelas adalah isu-isu lama yang mungkin terkubur di bawah arus hidup masyarakat. Ada, tetapi tidak ditampilkan ke muka. Namun kini hal itu mencuat keluar, laiknya magma dari perut bumi. Entah bagaimana jadinya dan ke mana erupsi paham keras ini akan melanda.

Untuk mengantisipasi, mengenali, dan menentukan sikap yang baik terhadap gejala baru dalam politik global tersebut, Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara mengadakan lomba menulis dalam rangka Dies Natalis ke-48. Beberapa pertanyaan tuntunan untuk memperdalam tema ini antara lain:

  1. Mengapa muncul populisme dengan kekuatan-kekuatan konservatif dalam politik global?
  2. Apakah kaitan konservatisme agama dan populisme? Apa saja program dan ”utopia” mereka?
  3. Bagaimana Indonesia seharusnya menghadapi populisme dalam politik global dan populisme dalam politik nasional?

 

Ketentuan Umum

  1. Perlombaan ini tidak memerlukan biaya pendaftaran. Setiap peserta hanya diminta (1) mengisi formulir dan (2) mengirimkan foto/scan KTP atau Kartu Mahasiswa ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengan format subyek email: SCAN KTP – NAMA PENULIS

    Formulir dapat diakses pada:
    https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfZKVBE73s-I8KFjVL6r3YzmNX0kjTE3bdb8zEt8sUidDyOkw/viewform

     
  2. Tulisan yang dilombakan belum pernah dipublikasikan dan belum pernah diikutsertakan pada perlombaan lain. Semua tulisan yang dilombakan menjadi hak panitia. Segala bentuk plagiarisme ditolak dan tercela.

     
  3. Satu orang diperbolehkan mengirimkan maks. 2 tulisan.

      
  4. Perlombaan Karangan Ilmiah ini hanya menerima artikel hasil refleksi, penelitian atau kajian analitis-kritis dalam bidang ilmu filsafat dan teologi, serta ilmu-ilmu terkait, antara lain bahasa, sosiologi, seni dan budaya, antropologi.

      
  5. Batas akhir pengumpulan karya: 12 April 2017
    Kirimkan dalam bentuk attachment email ke alamat email:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
    dengan format subjek email:  JUDUL KARANGAN - NAMA PENULIS

 

Ketentuan Teknis Penulisan

  1. Tulisan menggunakan Bahasa Indonesia yang baku (sesuai EYD).

  2. Teknis pengutipan menggunakan metode Chicago-Citation Style, model author-date (bukan notes and bibiliography). Keterangan dapat dilihat di: http://www.chicagomanualofstyle.org/tools_citationguide.html
    atau
    https://www.york.ac.uk/integrity/downloads/21980_Chicago%20style-2014.pdf

  3.  Jumlah kata: 1800-2500 kata. Jumlah tersebut tidak termasuk Nama Penulis, Jenis Karangan (Filsafat/Teologi/Ilmu Lain), Abstrak (dalam bahasa Inggris), Kata-kata Kunci, dan Daftar Pustaka, tetapi termasuk Catatan Kaki (dalam program Words: klik Tools>Word Count: lalu klik, include footnotes and endnotes).

  4. Tulisan dilengkapi dengan abstrak 50-70 kata, 3-5 kata-kata kunci, Pendahuluan (tanpa anak judul), subjudul-subjudul (sesuai dengan kebutuhan), Penutup/Kesimpulan, Daftar Rujukan.

  5. Daftar rujukan diurutkan secara alfabetis, dan hanya memuat literatur yang dirujuk dalam artikel.

  6. Pengaturan huruf: Times New Roman 12 pt; Spasi 1,5

  7. Kertas A4 dengan margin kiri-kanan-atas-bawa 1 inch (2,54 cm);

  8. Bubuhkan nomor halaman di sudut kanan bawah;

  9. Jangan gunakan halaman sampul. Nama ditulis di kanan atas lembar pertama sebagai berikut:
     
  10. Tulisan harus memenuhi seluruh ketentuan penulisan di atas. Bila tidak akan mendapatkan pengurangan poin sebesar 10 poin (dari total 100 poin).

Additional Info

Batas Akhir: 27 April 2017
Nara Hubung: Nara 0857.2959.9331 Adi 0815.2039.6175
Penyelenggara: STF Driyarkara

Related items

Lomba Melukis
Lomba Melukis

Dies Natalis STF Driyarkara (Invitation)

Dalam rangka menyongsong Dies Natalis, STF Driyarkara mengajak muda-mudi para generasi bangsa untuk mengembangkan bakat dan talenta yang anda miliki. Anda dapat mengambangkan bakat dan talenta itu dalam lomba-lomba menarik yang akan diselenggarakan oleh pihak STFD. Info pendaftaran klik disini

 

Mar 03, 2017
Lomba Esai Ilmiah
Lomba Esai Ilmiah

Dies Natalis STF Driyarkara (Invitation)

Dalam rangka menyongsong Dies Natalis, STF Driyarkara mengajak muda-mudi para generasi bangsa untuk mengembangkan bakat dan talenta yang anda miliki. Anda dapat mengambangkan bakat dan talenta itu dalam lomba-lomba menarik yang akan diselenggarakan oleh pihak STFD. Untuk Syarat dan Ketentuan anda bisa klik tautan ini

Mar 03, 2017
Lomba Fotografi dan Video Pendek
Lomba Fotografi dan Video Pendek

Dies Natalis STF Driyarkara (Invitation)

Dalam rangka menyongsong Dies Natalis, STF Driyarkara mengajak muda-mudi para generasi bangsa untuk mengembangkan bakat dan talenta yang anda miliki. Anda dapat mengambangkan bakat dan talenta itu dalam lomba-lomba menarik yang akan diselenggarakan oleh pihak STFD. Info pendaftaran klik disini
Untuk Syarat dan Ketentuan anda bisa klik tautan ini

Mar 03, 2017

 

 

 

 

Perpustakaan STF Driyarkara saat ini memiliki kurang lebih 47.509 eksemplar (eks.) bahan pustaka dengan rincian 46.277 eks. buku; 1.171 eks. skripsi; 55 eks. tesis; 6 eks. disertasi; dan 1.681 eks. majalah. 

Pembelajaran Interaktif.STF Driyarkara saat ini memiliki 50 Dosen dengan jenjang pendidikan Magister, Doktor dan Profesor. 

Go to top
Template by JoomlaShine