(021) 424 7129 | Cempaka Putih Indah 100A, Jembatan Serong, Rawasari Jakarta 10520

Magister Filsafat

Sesudah 25 tahun menyelenggarakan pendidikan Ilmu Filsafat di tingkat strata 1 (S-1), dan untuk menjawab kebutuhan dunia akademik di Indonesia akan tenaga ahli filsafat, STF Driyarkara atas izin Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (DirJen Dikti) membentuk Program Pascasarjana dan menyelenggarakan Program Studi Magister Filsafat mulai tahun 1996. Dalam akreditasi tahun 2000, Program Studi Magister Ilmu Filsafat mendapat peringkat “UNGGUL”, dan dalam re-akreditasi tahun 2005, 2011 dan 2015 meraih peringkat “A”. Program Pascasarjana STF Driyarkara, dengan perpustakaan filsafat terbaik di Indonesia, bercita-cita menjadi pusat pendidikan akademik dan penelitian yang unggul dalam ilmu filsafat dengan fokus pada studi mendalam mengenai ‘problematik manusia dalam masyarakat’.

Kategori Studi: Ilmu Filsafat
Jenjang Pendidikan: Magister

::  Visi Program Studi Magister Ilmu Filsafat

 

Atas dasar pengalaman 37 tahun menyelenggarakan program pendidikan tingkat sarjana, STF Driyarkara bercita-cita menjadi komunitas akademik berkeahlian ilmu filsafat, berintegritas, bertanggung jawab sosial.

 

::  Misi Program Studi Magister Ilmu Filsafat

 

  1. Menyelenggarakan proses belajar-mengajar yang meningkatkan kemampuan untuk menggali dan mendayagunakan sumber-sumber pengetahuan pokok ilmu filsafat Barat dan Timur,
  2. Mengkaji pemikiran filsafat guna menunjukkan kekurangan dan kelebihannya, serta menjalin dialog dengan ilmu-ilmu,
  3. Mempertajam kemampuan untuk melihat dan mempertimbangkan dimensi etis dalam berbagai pemikiran filsafat dan problematika masyarakat,
  4. Meningkatkan kemampuan intelektual untuk terlibat menanggapi persoalan pokok yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.

 

::  Lulusan Program Studi Magister Ilmu Filsafat
Diharapkan lulusan Program ini mempunyai kemampuan :

 

  1. Memahami dan menjelaskan pokok permasalahan ilmu filsafat sampai tingkat perkembangan dewasa ini, cabang-cabangnya, lingkup materinya, metode-metodenya.
  2. Memahami dan dapat menjelaskan garis besar pemikiran tokoh-tokoh sejarah dalam bidang filsafat dan aliran-aliran filsafat sampai dewasa ini.
  3. Mengadakan penelitian ilmiah mandiri dalam pelbagai bidang ilmu filsafat atas suatu permasalahan/topik yang spesifik sesuai dengan metode ilmu filsafat yang bersangkutan; hal mana menuntut kemampuan untuk merumuskan masalah yang akan diteliti, untuk menerapkan metode-metode yang sesuai untuk memecahkannya, serta untuk menjabarkan dalam sebuah tulisan yang sistematis dan jelas.

 

::  Pelaksanaan Program Studi Magister Ilmu Filsafat

 

  1. Program Studi ini dapat mengantar peserta ke gelar "Magister Filsafat" dalam waktu 4 sampai 8 semester.
  2. Perkuliahan diselenggarakan dengan Sistem Kredit Semester. Peserta lulus apabila: memperoleh 38 sks dengan mengikuti perkuliahan, menulis sebuah tesis (=6 sks), lulus dalam Ujian Komprehensif (=3 sks).
  3. Semester Gasal berlangsung dari akhir Agustus s.d. akhir Desember, semester Genap dari Februari s.d. Juni.
  4. Perkuliahan tahun ajaran baru dimulai akhir bulan Agustus.
  5. Kuliah diadakan hari Selasa, Rabu dan Kamis pukul 17.00 s.d. 20.00 di Gedung Pascasarjana STF Driyarkara.
Go to top
Template by JoomlaShine